Tahun 2020, Kementerian ATR/BPN Target 20 Satker Bepredikat WBK maupun WBBM

Rakernas Kementerian ATR/BPN

Terkini.id, Jakarta – Pada dasarnya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) merupakan instansi yang memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pertanahan dan tata ruang.

Oleh sebab itu, peningkatan pada sistem pelayanan harus semakin baik. Agar pelaksanaan kegiatan bisa tercapai dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, untuk itu diperlukan adanya pengawasan dalam mewujudkan kualitas dan peningkatan pelayanan pertanahan dan tata ruang kepada masyarakat, yaitu melalui Inspektorat Jenderal.

Inspektur Jenderal Kementerian ATR/BPN, Sunraizal memaparkan strategi peningkatan kualitas pelayanan masyarakat melalui pembangunan Zona Integritas (ZI) di masing-masing Kantor Pertanahan.

“Ada 5 langkah strategi dalam membangun ZI,” ujarnya Sunraizal seperti dikutip di web Kementerian ATR/BPN Kamis 23 Januari 2020.

Pertama komitmen dari pimpinan dan semua jajaran, kedua menyediakan fasilitas lebih baik demi kemudahan pelayanan kepada masyarakat, kemudian ketiga kita perlu membuat program yang menyentuh masyarakat sehingga masyarakat merasakan kehadiran unit kerja tersebut.

“Lalu keempat melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan bahwa program yang sedang dijalankan tetap di jalurnya dan yang kelima melakukan manajemen media untuk memastikan bahwa setiap aktivitas dan inovasi perubahan yang telah dilakukan diketahui oleh masyarakat,” urai Sunraizal.

Melihat perkembangannya, kata Sunraizal pembangunan ZI di Kantor Pertanahan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Hal itu dilihat dari total satker yang mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) terus bertambah.

“Sebelumnya kita hanya memiliki 3 kantor yang berpredikat WBK di tahun 2018 yaitu Kabupaten Bandung, Kota Langsa dan Kota Surabaya I. Kami percaya atas kerja keras teman-teman di daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan, sehingga di tahun 2019 dapat melahirkan tujuh kantor berpredikat WBK,” bebernya.

Untuk diketahui, tujuh Kantor Pertanahan yang berhasil mencapaij predikat WBK di tahun 2019 adalah Kota Metro, Kota Pekanbaru, Kabupaten Semarang, Kota Pontianak, Kabupaten Gresik, Kota Jakarta Utara dan Kabupaten Aceh Timur.

Pada tahun 2020 ini Kementerian ATR/BPN mengusulkan 161 satker dari 33 Provinsi untuk mendapatkan predikat WBK maupun WBBM.

“Kami berharap tahun ini makin banyak kantor yang melakukan ZI, paling tidak mendeklarasikan. Karena kami menargetkan tahun ini ada 20 satker berpredikat WBK ataupun WBBM,” tutup Sunraizal.

Berita Terkait
Komentar
Terkini