Sinopsis Film IP Man 4: The Finale Kisah Terakhir Master Yip yang Memilukan

Film IP Man 4

 

Oleh Jeri Wongiyanto
(Pengamat Film)

INILAH sekuel terakhir film aksi bela diri IP Man, berjudul “IP Man 4: The Finale” produksi Pegasus Motion Pictures, dengan aktor mandarin Donnie Yen sebagai Grand Master Yip.

Kisah masih terfokus pada sosok Guru Yip yang mendapati kenyataan buruk tentang kesehatannya. Ia juga menghadapi masalah anaknya yang dikeluarkan dari sekolah.

Demi mendapatkan sekolah terbaik untuk anaknya,dan memenuhi undangan muridnya Bruce Lee, Guru Yip berangkat ke San Fransisco, Amerika.

Tiba di Amerika, IP Man menghadapi beberapa masalah, salah satunya adalah ketika bertemu dengan komunitas Wing Chun di Amerika yang diketuai oleh Wan Zhong Hua (Wu Yue).

Diketahui, bahwa Bruce Lee membuka sekolah Wing Chun di Amerika Serikat dan mendapat penolakan oleh warga setempat.

Cerita semakin seru, saat IP Man menemukan beberapa masalah lain yang harus ia selesaikan di tengah perjuangan mendapatkan surat rekomendasi untuk sekolah anaknya.

Film ini menyajikan garis cerita tentang perjuangan Guru Yip melindungi budaya bela diri Wing Chun di Amerka. Seperti biasa Donnie Yen berperan dengan baik, sisi dramanya menyentuh apalagi banyaknya adegan perkelahian khas Yip Man dengan tangan kosong.

Penonton juga bisa meneteskan air mata menyaksikan drama yang disajikan.
Selama 105 menit, perasaan penonton dibuat campur aduk, ketegangan dan simpati pada sosok guru Yip bercampur jadi satu. Adegan adegan pertarungan yang seru dan memikat akan memanjakan penonton.

Sayangnya cerita yang disajikan terlalu bercabang, hingga tidak terfokus pada satu titik. Untungnya, sutradara Wilson Yip, tetap pandai meramu plot dan alurnya sehingga masih tetap enak dinikmati.

Kondisi kesehatan Guru Yip merupakan bagian cerita yang amat memilukan. Sebagai penutup sekuel, film ini akan memberikan kesan yang mendalam bagi penonton.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Seleb

Reza Rahadian Jualan ‘Barang Mantan’

Terkini.id, Jakarta - Aktor serba bisa Reza Rahadian mengaku masih menyimpan barang pemberian mantan kekasihnya di rumah. "Barang mantan yang masih ada di rumah tinggal