HUT ke-70 Imigrasi, KJRI Jeddah Beri Kejutan Paspor Gratis

KJRI Jeddah beri paspor gratis di Hari Ulang Tahun Imigrasi

Terkini.id, Jeddah – Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-70, Teknis Imigrasi KJRI Jeddah menggelar Hari Bhakti Imigrasi dengan menghadirkan kejutan berupa paspor gratis bagi sepuluh ┬ápemohon yang beruntung.

Mengusung tema “SDM Unggul, Imigrasi Pasti Maju”, Hari Bhakti Imigrasi dilangsungkan Minggu, 26 Januari 2020 kemarin, di Ruang Pelayanan KJRI Jeddah.

Didampingi jajaran staf, Konsul Jenderal (Konjen) RI Jeddah, Eko Hartono, menyerahkan voucher kepada sepuluh pemohon yang beruntung dengan ketentuan atau kriteria yang telah ditetapkan oleh Teknis Imigrasi KJRI Jeddah.

Disampaikan Konjen, tujuh puluh tahun bagi imigrasi dalam menunaikan baktinya bukanlah waktu yang singkat. Lima tahun setelah Indonesia merdeka, imigrasi langsung menjalankan fungsinya, yaitu menetapkan kewarganegaraan.

“Paspor adalah salah satu tanda sah kewarganegaraan Anda sekalian. Wajib hukumnya melihat validitas (masa berlaku) paspor,” ucap Konjen di sela-sela sambutan Hari Bhakti Imigrasi di hadapan para pemohon.

Untuk itu, Konjen mengingatkan WNI yang ada di Arab Saudi agar selalu mengecek masa berlaku paspor agar tidak timbul permasalahan pada izin tinggal (iqamah) mereka.

Konjen menambahkan, selama 70 tahun menjalankan fungsinya, Imigrasi telah melakukan berbagai inovasi dan perbaikan pelayanan keimigrasian.

Disampaikan Konsul Imigrasi, Ahmad Zaeni, diantara kriteria pemilihan pemohon yang beruntung adalah kedisiplinan dia dalam memperbaharui paspor sebelum habis masa berlakunya dan ketaatan terhadap ketentuan dan hukum yang berlaku di negara setempat, antara lain, memeriksa masa berlaku iqamah (izin tinggal).

Ahmad Zaini menyebutkan, tagline “SDM Unggul, Imigrasi Pasti Maju” membawa pesan bahwa dengan jajaran petugas pelayanan yang unggul, diharapkan pelayanan bagi Masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal dan bekerja di luar negeri, semakin baik.

“Bila Bapak-Ibu punya pertanyaan, silakan hubungi duta-duta kami yang ada di sebelah kiri,” ucap Zaeni dalam sambutannya.

Teknis Imigrasi terus melakukan berbagai inovasi layanan, antara lain, melakukan renovasi ruang pelayanan untuk memberikan kenyamanan bagi pemohon saat berada di ruang tunggu.

Selain itu, pemohon disambut dengan ucapan “selama datang” oleh petugas melalui pengeras suara layaknya di pesawat terbang, layanan fotokopi gratis sehingga pemohon tidak direpotkan lagi harus membawa pas foto dan kopi persyaratan dari luar.

Bukan itu saja, turut disediakan ruang ramah anak yang dilengkapi kamar khusus bagi kaum ibu menyusui (laktasi), perlengkapan bermain anak, dan layanan informasi melalui aplikasi berbasis android dan iOS dan para duta imigrasi yang berjejer di konter resepsionis, siap memberikan informasi bagi pemohon.

Berita Terkait
Komentar
Terkini