Curah Hujan Tinggi di Jakarta, Anies: Semua Masih Tetap Bersiaga

Gubernur DKI, Anies Baswedan tinjau lokasi terdampak banjir

Terkini,id, JakartaCuaca ekstrem yang terjadi belakangan menyebabkan curah hujan tinggi di beberapa wilayah di tanah air, salah satunya di DKI Jakarta. Curah hujan tinggi mengakibatkan banjir.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan selalu merespon kondisi daerahnya. Seperti pada Jumat, 7 Februari 2020, pihaknya telah menyiagakan semua jajaran yang relevan.

Dikatakan Anies, curah hujan yang tinggi di kawasan hulu terlihat dari ketinggian air di Bendung Katulampa Bogor.

“Mulai pukul 16.00 WIB ketinggian meningkat terus dan mencapai puncaknya pada pukul 22.00 WIB (Siaga 3/Waspada) seluruh jajaran mengabarkan ke kampung-kampung sepanjang bantaran sungai untuk bersiaga,” tulis Anies dalam Instagramnya.

Disebutkan pula bahwa sejak tengah malam, tim UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI mulai berjaga dengan semua alat berat untuk membersihkan “debris” yang terbawa aliran sungai masuk ke Jakarta dan ditahan di pintu air manggarai.

“Pada pukul 03,00 WIB pagi, alat berat mulai bekerja menindahkan debris dari badan sungai ke truk-truk. Dalam waktu 5 jam saja terangkut sekitar 200 ton sampah (25 truk),” lanjut dia.

Ketinggian normal di pintu Air Manggarai pada musim hujan adalah 600, dengan kiriman air dari hulu sejak dini hari ini.

“Ketinggian itu terus meningkat hingga mencapai posisi tertinggi di 925 (naik 3,25m) dengan status siaga 2 pada pukul 08.00 WIB pagi. Pukul 09.00 WIB pagi ini telah turun hingga 895 dan terus menerus surut,” bebernya.

Ia juga menyampaikan bahwa kawasan hulu dan sisi timur laut Jakarta pagi tadi mengalami hujan tinggi dan ekstrim, mencapai 244,2mm/hari (Jakarta) dan 130mm/hari (Bogor).

 

“Semua masih tetap bersiaga,” urainya.

menurutnya, saat ini semua pintu air dikendalikan sembari memonitor ketinggian permukaan air laut. Begitu permukaan air laut mulai surut diperkirakan pada pukul 10.00-11.00, maka semua pintu air bisa dibuka maksimal agar air di semua wilayah bisa segera surut.


“Apresiasi pada semua petugas yang bekerja non-stop sejak kemarin sore hingga saat ini!,” tutup orang nomor satu di ibukota ini.

Berita Terkait
Komentar
Terkini