Cara Komunitas Jurnalis Berhijab Peringati Hari Hijab Sedunia 2020

Keseruan peringatan hari Hijab Sedunia 2020

Terkini.id, Jakarta – Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia turut andil memberikan dukungannya dalam perayaan hari Hijab Sedunia Tahun 2020.

Komunitas yang dihuni para muslimah berhijab yang berprofesi sebagai jurnalis (wartawati) dari berbagai media di Indonesia, baik cetak, TV, Radio, Online ini ternyata punya cara tersendiri untuk memperingati World Hijab Day yang jatuh setiap tanggal 1 Februari.

Diketahui untuk peringatan World Hijab Day tahun 2020 ini, serentak, mengangkat tema tentang ‘Empowered in Hijab’ (#EmpoweredInHijab).

Semarak peringatan Hari Hijab Sedunia

Tema ini dipilih karena hijab bukan merupakan penghalang bagi muslimah di seluruh dunia untuk beraktivitas di berbagai bidang.

Justru, saat para muslimah berhijab ini diberikan kesempatan untuk ‘tampil’ dan berkontribusi, mereka dapat membawa dampak besar dan inspirasi positif di lingkungannya.

Nikmatus Sholikah selaku Presiden Komunitas Jurnalis Berhijab (KJB) Indonesia bahwa sejarah pembentukan komunitas ini bertujuan sebagai wadah para jurnalis berhijab untuk saling memotivasi dalam berhijab di dunia media dan melakukan berbagai kegiatan postif bersama.

World Hijab Day

Masih kata dia, karena pada tahun 2012 saat KJB terbentuk, jumlah jurnalis berhijab hanya sedikit dan ada anggapan bahwa wanita berhijab ‘sangat dibatasi’ di layar TV untuk menyiarkan berita.

“Hijab bukan suatu halangan untuk berkarya, justru menjadi kekuatan kita dan identitas kita sebagai wanita muslimah. Dengan hijab, kita menunjukan bahwa wanita muslimah yang berhijab juga bisa berkarya di berbagai bidang, salah satunya adalah Jurnalistik,” urainya.

Lanjut Nicmah menjelaskan bahwa KJB mendukung kegiatan World Hijab Day Indonesia 2020 yang tema Empowered In Hijab ini karena sangat sesuai dengan peran KJB Indonesia sebagai salah satu komunitas yang berisi para Jurnalis Berhijab yang memiliki kekuatan di bidang ‘Jurnalistik’ dan menyalurkannya melalui berbagai kegiatan positif untuk masyarakat luas.

“Kami KJB Indonesia mendukung penuh kegiatan World Hijab Day Indonesia 2020 yang dilaksanakan pada Minggu, 2 Februari 2020,” bebernya.

World Hijab Day 2020

Ia juga berharap, semoga dengan acara ini semakin memperkuat Ukhuwah Islamiah antar wanita muslimah di Indonesia,” pungkasnya.

Diketahui bahwa di Indonesia sendiri, ‘Empowered in Hijab’ diterjemahkan sebagai sebuah semangat bagi muslimah untuk terus mengasah kemampuan diri agar dapat mengambil peran dalam berbagai bidang yang disukainya.

Sehingga, para muslimah dapat saling membantu muslimah lain, bahkan masyarakat pada umumnya, di berbagai bidang kehidupan.

Terlebih, di Indonesia sendiri, Islam menjadi agama mayoritas yang dianut oleh penduduknya. Sudah saatnya, kini, Islam tampil dan mensyiarkan nilai-nilai positif yang penuh kedamainan.

Di Indonesia, peringatan “Hari Hijab Sedunia” ini dilaksanakan berkat kolaborasi World Hijab Day Ambassador bersama Hijab Motion, sebuah komunitas muslimah di Indonesia.

Caesaria Apriliani selaku World Hijab Day Ambassador Indonesia, mengatakan bahwa ada sedikit perbedaan pendekatan dalam memperkenalkan World Hijab Day di Indonesia.

Menurutnya, sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam, pada umumnya, muslimah yang berhijab tidak mendapatkan diskriminasi sekeras dan semasif muslimah-muslimah di negara lain, sebagai minoritas.

Sehingga, World Hijab Day Ambassador – Indonesia menerjemahkan wahyu Allah tentang aturan berhijab bagi muslimah dengan pendekatan women empowerment, yaitu bahwa dengan hijab, wanita muslimah tidak merasa dibatasi gerak langkahnya dalam berkontribusi dan berprestasi di masyarakat.

“Selain itu, dari perspektif lain, harapannya, gerakan dan ide World Hijab Day ini mulai diterima gaungnya secara positif di Indonesia,” ujarnya.

Ia juga beranggapan karena ide utamanya adalah setiap wanita di dunia mendapat kesempatan yang memuaskan rasa penasaran mereka tentang Islam atau tentang hijab, dengan mencoba mengenakan hijab setiap tanggal 1 Februari.

“Sesama wanita justru saling mengangkat kepercayaan diri, saling dukung satu sama lain, saling percaya dan menebar kebaikan, tak peduli apapun kepercayaannya,” jelas Caesaria.

Masih kata Caesar, kegiatan World Hijab Day turut dimeriahkan berbagai rangkaian acara seperti Hijab on The Street yang berlangsung
Minggu, 2 Februari 2020 pukul 07.00-10.00 WIB di area Car Free Day, Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta.

“Aktivitas yang dilakukan antara lain berbagi hijab (giveaway), tutorial hijab, donasi hijab (charity dropbox), dan games,” pungkasnya.

Selain itu juga ada public speaking Workshop ‘Share Your Stories, Empower Others’ bersama Speak Project
Minggu, 2 Februari 2020 pukul 14.00 WIB, di Hotel Dharmein, Kawasan Blok M, Jakarta.

“Pelatihan seni berbicara di depan publik ini memberikan pembekalan kepada para peserta untuk berkomunikasi secara terbuka dan menyampaikan pesan positif dengan baik,” sambungnya.

Senada dengan Caesaria, Trifty Qurrota Aini, World Hijab Day Ambassador Indonesia, mengatakan peringatan Hari Hijab Sedunia dimeriahkan sejumlah rangkaian acara, salah satunya public speaking.

World Hijab Day 2020

“Public speaking workshop dipilih untuk diadakan dalam peringatan World Hijab Day 2020 karena merupakan salah satu kemampuan (skill) yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang, terlebih dalam dunia kerja,” ujar Trifty.

Ia juga menyebutkan bahwa peringatan World Hijab Day tahun 2020 kali ini mendapat dukunga dari Wardah Cosmetics (sponsor), Vanilla Hijab, Suqma, Zabya Hijab dan Aqeera Hijab (official hijab), serta Hotel Dharmein Hotel (official venue), Komunitas Hijab Motion, Komunitas Jurnalis Berhijab, Komunitas Speak Project, dan media partners She.id, Muslimah Daily, Genpi.co, Terkini.id, Dreamcoid, dan Go Muslim.

“Ucapan terima kasih kepada seluruh support yang diberikan dalam pelaksanaan World Hijab Day 2020 ini,” terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini