Bagikan Ribuan Sertifkat Gratis, Ini Pesan Menteri ATR/BPN ke Warga Banten

Pembagian sertifikat tanah gratis

Terkini.id, Banten – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Sofyan A. Djalil membagikan 2.946 sertifikat tanah kepada warga Kota Serang Propinsi Banten, di Plaza Aspirasi, Kamis 16 Januari 2020.

Sofyan berpesan sertifikat tanah tersebut dijaga serta diperhatikan dengan baik.

“Sertifikat tanah merupakan bukti legalisasi atas hak kepemilikan tanah masyarakat. Jangan ditelantarkan karena bisa diambil oleh orang lain,” kata Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A Djalil dalam sambutannya.

Ia juga menganalogikan sertifikat tanah dengan buku nikah. Menurutnya, buku nikah adalah bukti sah seseorang sudah menikah sama halnya dengan sertipikat tanah, yang merupakan bukti sah kepemilikan tanah.

“Jika seseorang menelantarkan pasangannya, maka jika pasangannya itu diambil orang lain, itu merupakan kelalaian seseorang karena menelantarkan pasangannya,” terangnya.

Tanah juga begitu. Jika kita ditelantarkan, kendati punya sertipikat tanah, bisa diakui oleh orang lain. Oleh karena itu, harus dimanfaatkan dengan baik,” sambung Sofyan.

Masih kata dia, tanah juga jangan mudah diperjualbelikan. Ingat jumlah tanah tidak bertambah.

“Ingat, tanah itu merupakan sumber kemakmuran. Jangan sampai anak cucu kita tidak punya tempat tinggal karena mereka tidak punya tanah. Dan jangan lupa, Presiden mempercepat penyertipikatan tanah karena ia ingin menciptakan kepastian hukum atas pertanahan serta mengatasi sengketa pertanahan. Saya ppesan jika sudah punya sertipikat tanah jangan mudah dijual ke orang lain,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah BPN/ATR Provinsi Banten, Andi Tenri Abeng mengatakan bahwa Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten menargetkan Provinsi Banten lengkap pada tahun 2023.

“Kami juga menyadari kalau butuh bantuan stakeholder,” terangnya.

Di sela- sela kunjungan Menteri ATR/BPN juga meluncurkan program ATR/BPN Banten menyapa. Sebelum peluncuran terlebih dahulu dilakukan peninjauan loket pertanahan, talk show, penandatanganan MoU antara Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten dengan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa serta beberapa kegiatan lainnya.

“Tujuan ATR/BPN Banten Menyapa adalah membuka diri dan mendengarkan kritik dan saran dari pihak luar. Selain itu, juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Kanwil BPN Provinsi Banten,” terang pria asal Sulawesi Selatan itu.

Acara ini dihadiri Perwakilan Pemerintah Provinsi Banten, Perwakilan Kepala Daerah se-Provinsi Banten, serta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah se-Provinsi Banten.

Berita Terkait
Komentar
Terkini