Kabar Duka, Mantan Gubernur Jawa Barat Wafat, eks Wapres JK: Semoga Husnul Khotimah
Komentar

Kabar Duka, Mantan Gubernur Jawa Barat Wafat, eks Wapres JK: Semoga Husnul Khotimah

Komentar

Terkini.id, Bandung – Kabar duka mantan Gubernur Jawa Barat Letjen TNI (Purn) Solihin GP dikabarkan meninggal dunia pada Selasa 5 Maret 2024.

Solihin dikabarkan meninggal dunia sekitar pukul 03.09 WIB di RS Advent, Kota Bandung.

Kabar duka tersebut turut dibenarkan oleh mantan Wakil Presiden Republik Indonesia ke-10 dan ke-12 RI, Jusuf Kalla (JK) lewat postingan Instagramnya, Selasa 5 Maret 2024.

Dalam unggahnya, JK mendoakan atas berpulangnya almarhum Solihin GP.

“Semoga Almarhum Bpk Solihin GP, Husnul Khotimah. Al Fatihah,” tulis JK dalam akun instagram pribadinya.

Baca Juga

Jenazah Almarhum akan dibawah ke rumah keluarga besar di Jalan Cisitu Indah, Dago, Bandung pada pukul 07.00 – 09.00 WIB. Kemudian, jasad almarhum akan dibawa ke Mako II Kodam III Siliwangi di Jalan Sumbawa No 22 Bandung sekitar pukul 09.30 hingga 12.30 WIB.

Dan rencana akan dimakamkan di TMP Cikutra, sekitar pukul 13.30 WIB.

Almarhum Solihin GP lahir pada 21 Juli 1926, ia merupakan mantan perwira TNI yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jabar pada 1970 sampai 1975.

Letnan Jenderal TNI Solihin Gautama Purwanegara sendiri, adalah mantan perwira Tentara Nasional Indonesia yang pernah menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat dari 1970 sampai 1975.

Ia mengawali karier militer ketika masa revolusi sebagai Komandan Tentara Keamanan Rakyat Kabupaten Bogor, kemudian bergabung dengan Divisi Siliwangi.

Salah satu kiprahnya yang mencuat, yakni ketika ia mengatasi krisis pangan di Indramayu dengan memasyarakatkan padi yang disebut dengan gogo rancah.

Ia juga dikenal sebagai sesepuh Jawa Barat dan Siliwangi, pejuang lingkungan dan pendiri Dewan Pemerhati Kehutanan dan Lingkungan Tatar Sunda (DPKLTS).