8 Perlengkapan Fotografi dan Fungsinya, Pemula Wajib Tahu!
Komentar

8 Perlengkapan Fotografi dan Fungsinya, Pemula Wajib Tahu!

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Gemar memotret? Maka Anda membutuhkan sejumlah perlengkapan fotografi yang lengkap untuk menunjang kebutuhan dan hobi Anda. Seperti yang Anda ketahui sendiri kalau alat fotografi itu sangat beragam, dan Anda harus memilikinya agar hasil foto semakin maksimal.

Fotografi sendiri adalah kegiatan memotret rangkaian objek menjadi foto atau media cetak. Biasanya kegiatan tersebut dijadikan hobi, tapi ada juga yang menjadikannya sebagai ladang usaha. Tentunya berbisnis di bidang ini sangat menguntungkan, loh.

8 Perlengkapan Fotografi dan Fungsinya

Demi menghasilkan hasil foto yang memuaskan, diperlukan perlengkapan yang memadai. Nah, untuk mengetahui apa saja alat fotografi yang wajib Anda miliki beserta fungsinya, silakan simak informasi yang akan dibahas berikut ini.

1. Filter

Filter merupakan alat fotografi pertama yang harus Anda miliki karena berguna untuk menyaring cahaya. Nantinya cahaya tersebut akan menghasilkan efek tertentu yang Anda inginkan dalam sesi pemotretan. Ada juga jenis filter yang dapat Anda gunakan, yaitu square atau kota dan juga circle atau bulat.

2. Tudung Lensa

Selain filter, Anda pun membutuhkan tudung lensa sebagai perlengkapan memotret yang wajib dimiliki. Tudung tersebut dipasang tepat didepan lensa yang berfungsi untuk menghilangkan sebagian cahaya yang bisa menyebabkan flare jika masuk ke dalam lensa kamera.

3. Tripod

Memang sudah bukan rahasia lagi kalau tripod sangat dibutuhkan dalam dunia fotografi. Bagaimana tidak, alat ini berguna untuk menyangga kamera saat pemotretan berlangsung agar tidak shaking. Tripod juga membantu menopang lensa yang memiliki ukuran panjang pada saat pemotretan berkecepatan lambat.

4. Flash

Flash juga tidak kalah pentingnya dalam dunia fotografi, apalagi saat melakukan pemotretan di malam hari dengan cahaya yang minim. Meski begitu, flash juga dapat digunakan pada siang hari yang berguna untuk fill in. Flash atau bisa disebut juga sebagai blitz dapat digunakan sesuai kekuatan, jarak, dan fasilitas khusus yang dimiliki.

5. Background

Jangan sepelekan fungsi background jika Anda ingin menghasilkan gambar terbaik. Bagaimana tidak, background digunakan sebagai latar belakang dalam pemotretan khususnya di dalam studio. Umumnya background ini berupa kain dengan gambar, pola, dan warna yang sesuai dengan konsep photoshot.

6. Soft Box

Beralih ke peralatan foto selanjutnya yaitu soft box. Alat ini terbuat dari bahan kain dengan kerangka yang berbentuk seperti piramida. Fungsi soft box sendiri adalah untuk menghasilkan lighting atau cahaya yang lembut. Umumnya sumber cahaya dari soft box berasal dari strobe.

7. Snoot

Sebenarnya perlengkapan foto yang satu ini hampir sama dengan lighting pada umumnya. Secara tidak langsung, snoot akan membantu Anda untuk memusatkan cahaya pada satu titik saja sehingga cahaya tersebut bisa tepat mengenai sasaran objek dan tidak akan melebar.

8. Kabel Release

Kabel release adalat alat bantu fotografi yang berbentuk mirip injeksi yang lentur. Kabel tersebut berfungsi untuk meminimalisir guncangan pada saat shutter ditekan. Adapun cara menggunakannya adalah dengan memasang kabel pada soket kabel release yang ada di tombol shutter.

Nah, untuk mendapatkan perlengkapan fotografi di atas, Anda bisa memilihnya dari brand Nanlite yang sudah terjamin kualitasnya. Nanlite dapat Anda temukan di Blibli sebagai marketplace terbaik yang menyuguhkan berbagai pilihan kebutuhan fotografi secara lengkap dan praktis.

Tidak hanya itu saja, Anda juga berkesempatan mendapatkan berbagai promo melimpah yang akan membuat pengalaman belanja semakin menyenangkan. Oleh karena itu, ayo unduh aplikasi Blibli sekarang untuk mendapatkan perlengkapan fotografi dari Nanlite bersama Blibli.