Kenali 5 Gangguan pada Mata yang Paling Sering Terjadi

Terkini.id – Pernah mendengar diabetes sebagai faktor penyebab sakit mata? Ya, itu benar. Salah satu faktor penyebab diantaranya adalah diabetes. Tidak asing dengan rabun jauh dan dekat, bukan? Diabetes pun termasuk ke dalam faktor penyebab. Penyakit mata berbahaya banyak sekali jenisnya, kenali gejalanya sebelum berdampak parah.

Inilah 5 Penyakit Mata yang Paling Umum

Penyakit mata bisa menyerang siapa saja, baik tua maupun muda. Karena itu, berapa pun usia Anda, Anda harus selalu waspada agar tidak mengalami penyakit mata ini. Berikut adalah 5 penyakit mata paling umum terjadi.

1.     Iritasi

Penyakit ini sering disebut konjungtivitis dalam bahasa medisnya. Reaksinya bisa berupa gatal, merah, berair hingga bernanah. Tergantung apa yang jadi penyebab terjadinya iritasi, seperti bakteri, infeksi atau alergi yang dialami. Berbagai jenis penyebab tersebut bisa menimbulkan efek yang berbeda pada mata.

2.     Katarak

Katarak masih menduduki penyebab kebutaan nomor satu dunia. Begitu pula di Indonesia, katarak menjadi penyebab kebutaan dari 34,47% penduduk. Laporan itu sendiri didapat dari Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan Indonesia (2018). Meskipun pada umumnya katarak diderita oleh lansia, tidak menutup kemungkinan hal ini juga dialami oleh balita. Ciri dari katarak adalah kornea mata yang berkabut.

Perlu Anda, ketahui katarak bisa disebabkan banyak faktor, seperti diabetes. Merokok dan paparan sinar UV bisa juga menjadi salah satu faktor penyebabnya. Pada kasus lansia, hal ini biasanya terjadi karena faktor penuaan serta protein yang menggumpal pada lensa mata.

3.     Glaukoma.

Penyakit mata yang satu ini pun lebih banyak menyerang kaum lansia. Salah satu artikel kesehatan menyebutkan bahwa di negara kita sudah ada lebih dari 6 juta penduduk yang mengidap glaukoma.

Glaukoma merupakan penyakit mata yang tidak bisa disembuhkan. Meskipun tidak bisa disembuhkan, glaukoma bisa diobati melalui proses laser atau konvensional.

Berikut adalah faktor yang menimbulkan risiko glaukoma.

  • Mengidap penyakit, seperti diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi
  • Pernah mengalami cedera mata
  • Berusia 60 tahun lebih

Sementara itu, selain glaukoma masih banyak penyakit mata yang tidak bisa disembuhkan.

4.     Juling

Bahasa medisnya adalah Strabismus. Biasanya, penderitanya memang tampak baik-baik saja, tetapi juling sangat mempengaruhi penglihatan. Saat melihat, kedua kornea mata pada penderita juling menjadi fokus pada satu titik yang sama.

5.     Refraksi

Refraksi adalah gangguan penglihatan yang menyebabkan cahaya tidak langsung masuk ke retina. Ada beberapa kelainan refraksi yang sering kita temui seperti.

  • Rabun jauh

Rabun jauh dalam bahasa medis bisa disebut miopia. Penglihatan menjadi buram saat melihat objek yang jauh, seperti saat menonton televisi.

  • Rabun dekat

Kebalikan dari rabun jauh. Rabun dekat membuat objek menjadi buram saat dekat, seperti saat membaca buku dan menatap layar gawai serta monitor laptop atau komputer.

  • Silinder

Penglihatan dari penderita silinder menjadi ganda saat melihat objek di jarak dekat maupun jauh.

  • Mata tua

Ini sering terjadi pada usia 40 tahun ke atas. Penglihatan dari penderita mata tua menjadi buram saat melihat objek dekat.

Gejala umum dari refraksi adalah saat mata tidak mampu melihat objek secara jelas, baik dari dekat maupun jauh. Penderitanya bisa mengalami gejala kepala pusing saat mata berusaha fokus pada satu objek.

3 Gangguan Mata yang Sering Ditemui

Selain penyakit mata, Anda juga harus mengenali beberapa gangguan pada mata yang sering ditemui. Pada umumnya sakit mata tidak tiba-tiba datang dalam kondisi parah. Sebelum itu terjadi, tentu saja ada gejala yang ditampakkan.

Ada penyakit mata yang berbahaya dan tidak bisa diobati jika Anda terlambat mengetahui kondisi kesehatan mata. Jadi, apabila Anda dapat menemukan gangguan pada mata dan melakukan pencegahan sedini mungkin, seperti dengan melakukan konsultasi pada dokter mata, maka kemungkinan Anda masih bisa menyelamatkan mata Anda dari penyakit mata yang lebih berbahaya.

Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mengenali apa saja gangguan pada mata yang sering timbul berikut ini.

1.    Mata merah

Jika Anda mendapati kornea mata yang memerah, jangan abaikan begitu saja. Langsung berikan penanganan. Coba periksa kembali apakah ada penyebab yang bisa ditanggulangi untuk mencegah gejala lebih berat.

2.     Nyeri

Nyeri pada mata juga merupakan gangguan yang cukup sering terjadi. Apalagi jika gangguan mata merah yang Anda alami disertai dengan nyeri. Ketika hal ini terjadi, Anda harus segera mencari penyebabnya.

3.     Berbayang

Saat melihat cahaya dan Anda mendapati bayangan di sekitar sumber cahaya tersebut, Anda harus tanggap dan tidak menganggap ini sebagai gejala biasa yang timbul setelah lelah bekerja. Cari tahulah penyebab dari gangguan yang Anda alami. Namun, jika tidak menemukan penyebabnya, carilah solusi seperti menggunakan kacamata yang pas dan nyaman. Beberapa kasus sakit mata silinder bisa diobati dengan penggunaan kacamata khusus.

Semua penyakit dan gangguan mata di atas bisa diatasi jika Anda bisa mengenalinya lebih cepat. Salah satu usaha untuk menanggulanginya adalah dengan menggunakan kacamata. Bentuk frame kacamata bisa disesuaikan dengan bentuk wajah. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir apabila penggunaan kacamata akan mengurangi nilai plus dari penampilan Anda.

Jika Anda tidak menemukan frame kacamata yang sesuai dengan selera Anda di gerai konvensional. Online marketplace seperti Blibli juga bisa menjadi tempat referensi belanja Anda. Di Blibli banyak tersedia pilihan frame kacamata dengan berbagai jenis dan kualitas yang dijamin orisinil. Anda juga bisa menikmati fitur seperti gratis ongkir, pengiriman cepat, serta pembayaran aman.

Tidak ada yang tidak mungkin karena selalu akan ada hasil selama Anda mau berusaha untuk melewatinya dengan baik. Selain itu, tetap jaga kesehatan Anda dengan memakan makan-makanan yang mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan mata. Lakukan juga olahraga untuk menjaga peredaran lancar ke mata. Salam sehat salam praktis, sehat dari rumah, Blibli mendukung Anda menjaga kesehatan sejak dini.

Bagikan