Tetap Untung Meski Pandemi, Bisnis Zaman Now Ini Layak Jadi Pilihan

Jasa Titip
Jasa titip bisa jd alternatif bisnis zaman now, sambil liburan dapat penghasilan. (Foto: gorbalsla.com)

Terkini.id, Jakarta – Dalam kehidupan sekarang ini ketika perekonomian lesu diperlukan inovasi dalam berbisnis. Banyak kini pelaku bisnis offline beralih ke bisnis zaman now.

Apa sih bisnis zaman now tersebut dan bagaimana memulainya? Semoga artikel ini dapat membuka wawasan dan Anda menemukan peluang.

Apakah Anda ingin memulai  bisnis zaman now tapi bingung bisnis apa yang cocok untuk saat ini? Satu hal mendasar yang pasti dipikirkan oleh pelaku bisnis adalah permodalan.

Seorang desain grafis juga diperlukan untuk membuat logo ataupun ikon dari perusahaan.(foto:Jabarnews.com)

Berapa  jumlah modal Anda? Jika modal yang Anda miliki banyak, maka pilihan bisnis yang bisa dikerjakan juga pasti lumayan banyak. Namun bagaimana jika modal yang Anda miliki kecil? Bagi jiwa bisnis dan pengusaha itu tidak masalah!

Konsep utama bisnis zaman now adalah bisnis yang inovatif dan kreatif. Jadi, memiliki keduanya mutlak diperlukan di kondisi seperti ini. Nah, berikut ini tips dan trik menentukan pilihan beberapa bisnis zaman now yang bermodal kecil tapi untung besar :  

  1. Bisnis Pelatihan Online

Pelatihan bisnis berbasis online kini tengah marak di kalangan anak muda. Hal ini karena pengguna teknologi dimasa pandemic meningkat berkali-kali lipat.  Banyak orang kini lebih memilih untuk belajar bisnis online daripada harus offline.

Pelatihan online ini meliputi cara-cara menulis, berbisnis, marketing, dan lain sebagainya.

Biasanya pelatihan online ini memanfatkan sarana media social seperti whats app, facebook grup, webinar, zoom, google meet dan sebagainya.

Karena online, peserta pelatihan berasal dari berbagai macam daerah di Indonesia, bahkan luar negeri. Peserta biasanya mendapatkan video, e-book, dan materi lainnya dalam bentuk pdf ataupun word.

Maraknya bisnis pelatihan online, menjadi trend tersendiri di zaman now sehingga ini salah satu bisnis yang menjanjikan.

  1. Polaroid frame

Bagi yang suka dengan fotografi, bisnis ini  juga sangat menjanjikan. Salah satunya dengan memanfaatkan kamera polaroid karena memberikan kesan vintage, unik dan menarik.

Langkah pertama yang harus dilakukan, Anda membuat template fram polaroid. Bisa dari bahan foto umumnya, atau bahan lainnya yang cukup baik kualitasnya.

Lalu meminta klien Anda mengirim foto yang ingin dicetak. Pengiriman dapat melalui email (jika file berukuran besar dan tidak mau pecah) atau dapat melalui chatting seperti WhatsApp atau Line dan sebagainya.

Setelah mendapat file foto, silahkan atur agar pas di template yang Anda buat dan mencetaknya.Ketika foto sudah jadi, Anda dapat mengirim ke konsumen ke alamat klien Anda atau mengirimnya via file.Biasanya klien minta dalam bentuk yang sudah jadi.

  1. Jasa titip

Bagi yang suka travelling namun menghasilkan, bisnis jasa titip dapat di coba. Beritahu sahabat Anda atau orang lain bahwa Anda akan pergi ke kota atau negara.

Nah, jika ingin barang ataupun cinderamata yang ada di kota atau negara di sana, maka Anda akan membelikannya. Cara ini lebih murah daripada harus pesan online yang relatife mahaldan waktu pengirimannya yang lumayan lama.

Catat dan tanyakan barang-barang apa saja yang dapat Anda belikan untuk klien. Anda dapat menghitung berapa harga kira-kiranya, setelah itu menambahkan sedikit ongkos perjalanan. Anda bisa meminta DownPayment (uang muka) terlebih dahulu, sisanya saat barang sudah ada dan Anda sudah tahu berapa harganya.

Biasanya barang yang di jasa titipkan seperti makanan ringan (coklat dan kue), alat make-up (jika ke Korea atau Jepang), hingga barang bermerek atau brand khusus.

Pastikan klien tidak membatalkan pesannya sebelum Anda tiba kembali.

Selain tempat nongkrong, di coffe shop biasanya terdapat wifi untuk terkoneksi dengan internet untuk memanjakan pengunjung. (Foto:topcarrer.id)
  1. Coffe Shop

Tempat nongkrong untuk bertemu sahabat biasanya diwarung kopi yang tidak terlalu mahal.

Kini warung kopi sudah bertransformasi menjadi coffe shop menarik dan nyaman. Membuka bisnis Coffe shop menjadi trend bisnis yang menjanjikan.

Selain tempat nongkrong, di coffe shop biasanya terdapat wifi untuk terkoneksi dengan internet sehingga tamu dapat berlama-lama di coofe shop dan pastinya butuh makan dan minuman yang akan menambah penghasilan kita.

  1. Jual Pulsa dan Paket Data

Istilah ‘tanpa internet, hidupku hampa’ memang benar di saat ini,  betapa pentingnya internet di zaman sekarang.

Sebab itu bisnis jual pulsa atau paket data bisa menjadi pilihan bisnis zaman now.Umumnya orang malas atau tidak sempat membeli pulsa atau membeli paket internet dikarenakan sibuk dan lain halnya.

Disini kita bisa memanfaatkan celah ini menjadi sumber pemasukan di bisnis zaman now. Beritahukanan ke lingkungan dan relasi bahwa sekarang Anda menjual pulsa dan paket data.

Setelah ada order, Anda bisa menghubungi tukang pulsa atau internet untuk belanja pulsa atau paket data yang diminta konsumen. Jika paket internet harganya Rp 50 ribu, maka bisa dijual sekitar Rp. 52 ribu hingga Rp. 55 ribu.

Dan bisnis ini dapat dilakukan dimana saja, rumah, kantor atau dimanapun.

  1. Jasa Internet Marketing

Maraknya marketplace dan social media menjadi peluang bisnis zaman now tersendiri bagi pelaku internet marketing.

Diperlukan content creator untuk mengonsep akun media sosial, visual designer, copywriter, dan juga seseorang yang dapat melejitkan akun bisnis lewat instagram atau facebook ads.

Pekerjaan ini tidak semua orang dapat melakukannya. Sebab itu jika kamu seseorang yang ahli dalam hal optimasi marketplace dan media sosial maka peluang itu dapat dijadikan lahan bisnis.

  1. Wedding Organizer

Bila seseorang ingin menikah pasti memerlukan tim untuk mengatur segala keperluannya dari mulai acara, konsumsi, tamu undangan, hingga perlengkapan pengantin itu sendiri.

Biasanya tim itu berada dalam manajemen wedding organizer (WO). Nah, WO tersebut kini tengah menjadi trend bisnis seiring dengan banyak permintaan calon pengantin untuk memanage pesta pernikahan.

Modal utama membuka WO adalah jaringan atau networking. Hal ini dapat  digunakan untuk membantu calon pengantin menemukan vendor-vendor terbaik untuk pesta pernikahan impian.

Selain itu, Anda harus memiliki tim yang solid agar dapat menjadi wedding organizer terpercaya.

  1. Bisnis Tour dan Travel

Sambil menunggu pandemic reda, bisnis tour dan travel dapat dijadikan persiapan bisnis agar saat suasana memungkinkan dapat menambah pundi-pundi penghasilan.

Membuka bisnis ini, tentu harus memiliki jaringan kuat, mulai dari tempat penginapan, transportasi, destinasi wisata, dan lainnya. Datangi atau berkirim email penawaran ke perusahaan, sekolah atau instansi yang sekiranya membutuhkan jasa tour travel.

  1. Bisnis Kuliner

Kuliner atau makanan menjadi bisnis yang sedang trend di zaman sekarang. Banyak anak-anak muda yang kini berkreasi dengan makanan. Uniknya, makanan yang kini menjadi trend adalah perpaduan makanan zaman dulu yang dikemas lebih menarik dengan citra rasa masakini.

Selain memunculkan makanan jadul, pemberian namanya juga tergolong unik. Seperti mie setan, mie merapi, steak ranjang, tahu jeketot, ayam panglima dan sebagainya.

Pemasaran kuliner sangat mudah, karena dapat menggunakan media social dan diperkirakan bisnis kuliner ini akan terus berkembang seiring bertambahnya penduduk akan kebutuhan makan di tambah dengan kreatifitas anak muda.

  1. Software Developer

Banyaknya perusahaan dan instansi yang memerlukan bantuan developer pembuatan website, programing, dan lain sebagainya membuat bisnis zaman now  ini menjadi trend di kalangan muda.

Bisnis ini tergolong baru dan disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Sehingga, bnayak anak muda yang menjadi pelaku dari bisnis ini

  1. Desain Grafis

Bisnis ini mengandalkan kreatifitas. Banyak perusahaan yang memerlukan jasa seorang desain grafis untuk membantu memvisualkan produk yang akan dipasarkan dan diluncurkan.

Hasil desain biasanya digunakan untuk promosi sehingga dapat menarik konsumen untuk membeli.

Seorang desain grafis juga diperlukan untuk membuat logo ataupun ikon dari perusahaan. Bisnis ini tentunya sangat menjanjikan seiring dengan berkembangnya teknologi di zaman modern ini.

  1. Wedding Organizer

Bila seseorang ingin menikah pasti memerlukan tim untuk mengatur segala keperluannya dari mulai acara, konsumsi, tamu undangan, hingga perlengkapan pengantin itu sendiri.

Biasanya tim itu berada dalam manajemen wedding organizer (WO). Nah, WO tersebut kini tengah menjadi trend bisnis seiring dengan banyak permintaan calon pengantin untuk memanage pesta pernikahan.

Modal utama membuka WO adalah jaringan atau networking. Hal ini dapat  digunakan untuk membantu calon pengantin menemukan vendor-vendor terbaik untuk pesta pernikahan impian.

Selain itu, Anda harus memiliki tim yang solid agar dapat menjadi wedding organizer terpercaya.

  1. Bisnis Fashion

Meski kondisi pandemic, bisnis fashion teap menjadi trend. Baik untuk anak-anak, wanita, dan juga pria. Bisnis ini akan tetap menggeliat. Mengingat, bisnis fashion ini cukup beragam. Maka jika ingin terjun dalam bisnis ini, Anda harus tentukan dahulu target marketnya.

Contohnya, bila target pasar wanita berhijab maka barang yang dijual bisa yang berkaitan dengan fashion hijab, seperti baju gamis, pashmina, kerudung panjang, tunik, dan lainnya.

Anda  juga harus selalu update model baju yang sedang trendy setiap tahunnya dan tentu saja rajin mempostingnya. Bisnis ini juga nenjanjikan.

  1. Bisnis PPOB

Payment Point Online Bank atau PPOB merupakan bisnis yang melayani berbagai transaksi virtual seperti cicilan motor, isi saldo gopay, pembayaran listirk, pulsa, pembelian tiket pesawat atau kereta, pengisian voucher game, dan lainnya.

Bisnis ini trend dikalangan anak muda karena tidak butuh modal besar. Modal yang diperlukan hanya memiliki smartphone android.

Jika sudah maju dan dikenal, Anda dapat menggunakan laptop dan printer untuk memepercepat aktivitas transaksi dan keunggulannya, bisnis ini dapat dilakukan kapan pun dan dimana pun.

Tak perlu menyewa toko atau ruko seiring dengan banyaknya orang yang ingin bertransaksi dengan mudah, cepat, dan tidak ribet.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

PT. Safa Tetap Optimis Pasarkan Properti di Tengah Wabah Corona

Komunitas UKM Silver Interfor Ajak UKM Melek Ekspor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar