Diilhami Kiswah Ka’bah Ini Logo Partai Ummat Besutan Amien Rais

Amien Rais
Melaui chanel Youtube Amien Rais Official, mantan ketua MPR dan ketua Umum PAN perkenalkan logo partai Ummat. (Foto; Youtube Amien Rais Official)

Terkini.id, Jakarta – Melalui akun Youtubenya Amien Rais Official, mantan ketua MPR ini melaunching logo dan bendera Partai Ummat, Selasa, 10 November 2020.

Amien Rais dalam tayangan video mengatakan logo Partai Ummat sebagai Perisai Tauhid.

“Setelah bermusyawarah panjang, kami akhirnya memutuskan bahwa logo Partai Ummat adalah Perisai Tauhid,” kata mantan Ketua MPR dan Ketua Umum PAN ini.

Menurut Amien Rais, warna hitam dan keemasan logo Partai Ummat diilhami kiswah Ka’bah

Logo Partai Ummat berupa perisai dengan garis tepi berwarna kuning keeemasan, ditengah perisai itu, terdapat simbol bintang yang juga berwarna keemasan, latar belakang perisai berwarna hitam.

Menurut Amien Rais lagi, bintang dalam logo Partai Ummat itu merupakan symbol dari sila pertamaKetuhanan Yang Maha Esa.

“Bintang merupakan simbol Ketuhanan Yang Maha Esa,” ujar Amien.

Amien Rais mengungkapkan bahwa dalam Islam, kalimat tauhid disebut sebagai kalimah thayyibah yang diibaratkan sebagai syajarah thayyibah yakni pohon yang indah yang akarnya merasuk ke petala bumi. Sementara cabangnya menjulang tinggi ke angkasa.

Pohon itu memberikan manfaat kepada alam sekitarya, sepanjang masa dengan izin Tuhannya.”Insya Allah Partai Ummat akan ikut memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia, selama keberadaan dan kehidupannya,” ujar Amien.

Lebih lanjut, Amien mengungkapkan kalimat Tauhid juga disebut sebagai kalimat tahrir atau kalimat pembebasan yang berarti membebaskan umat manusia dari belenggu penghambaan, kepada sesama manusia menjadi penyembahan kepada Allah semata.

Amien Rais juga berkata bahwa warna hitam dan keemasan pada logo Partai Ummat diilhami dari warna kain beludru hitam dan benang keemasan di Kiswah (kain penutup) Ka’bah.

Karena itu, Perisai Tauhid dan bendera Partai Umat merupakan pancaran kalimat syahadah, kalimat thayyibah dan sekaligus kalimat pembebasan.

“Insya Allah logo dan bendera Partai Ummat mengingatkan selalu para kader dan anggota Partai Ummat agar dalam bekerja dan berjuang hanya mencari ridho Illahi dan bukan ridho manusia,” ujarnya.

Lebih lanjut Amien mengatakan jika azas partai baru yang kemudian diberi nama Partai Ummat itu adalah Islam Rahmatan Lil ‘Alamin.

‘Azas partai adalah Islam Rahmatan Lil ‘Alamin. Islam melarang diskiriminasi atas dasar apapun, dan bersemboyan Lawan Kezaliman dan Tegakkan Keadilan.

Menurut Amien, pesan pokok dari Pancasila, UUD 1945 bahkan Alquran, begitu searah, begitu pararel, Alquran yakin, juga kitab Taurat dan Kitab Injil, memesankan dan memerintahkan hal yang sama tegakkan keadilan dan lenyapkan kezaliman.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Pesatnya Penyebaran Covid-19, Irma Indriani: Pola Pikir Sangat Berpengaruh Besar

GRPP Hadir, Siap Melawan yang Merongrong Pancasila

Korbrimob Polri Siap Melakukan Pengamananan saat Perayaan Natal dan Tahun Baru 2020-2021

Brimob Disiagakan Dalam Pengamanan Ormas di Mapolda Banten

Korps Brimob dan DVI Polri Hadir untuk Kemanusiaan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar