Alumni SMPN 84 ‘Berani’, Melaksanakan Qurban Ditengah Tengah Pandemik Covid-19

Alumni SMPN 84 'Berani' Qurban Tiga Ekor Sapi
Alumni SMPN 84 Jakarta menyiapkan daging hewan qurban siap untuk di distribusian kepada masyarakat. Foto: Istimewa.

Terkini.id, Jakarta – Gedung SMP Negeri 84 yang beralamat Jln Semangka No 1 Lagoa Jakarta Utara sepertinya tidak pernah sepi, meskipun dalam situasi kondisi pademi covid-19 dan tidak ada aktifitas belajar secara langsung.

Namun alumni-alumni nya kreatif tetap mengalir meskipun tidak beramai ramai melakukan kunjungan dan koordinasi dengan pihak sekolah hanya untuk bersinergi program atau merencanakan program-program kegiatan terutama bidang sosialnya membantu keluarga besar SMP negeri 84 Jakarta Utara yang terdampak pademi Covid-19.

Ika lintas 84 Jakarta (Ikatan Keluarga Alumni SMP Negeri 84 Jakarta) yang dikenal juga sebagai perkumpulan keluarga besar putih biru jalan Semangka Lagoa Jakarta Utara, melalui program BERANI (Berbagi Sesama Alumni).

Dalam hari raya Idul Adha 1441 H ini melakukan qurban sebanyak 3 Ekor Sapi, dilaksanakan pada hari Minggu, 2 Agustus 2020 dari pukul 06.00-16.00 WIB, pemotongan hewannya di RPH Kota Bekasi Teluk Pucung, kemudian pencacahan dan pengepakan untuk dibagikan di Halaman Gedung SMP Negeri 84 Jakarta Utara.
Pendistribusian daging qurban diberikan kepada Para mustahiq baik dari alumni melalui para koordinator angkatan, para siswa melalui pihak sekolah maupun untuk keluarga alumni pengqurban dan warga masyarakat sekitar sekolah SMP Negeri 84 Jakarta Utara.

Ketua Panitia Ustad Fahdian Akbar ’94 yang didampingi oleh M. Aliramdhani ’97 didampingi oleh para Panitia yang terdiri : Zulkifli ’92, Mia Mulya ’96, Ardiansyah ’92, Febby-Robby ’96, Nurzanah ’83, Imas 99, Robiah ’92, Yudha ’81, Yanti ’97, Neitha ‘2000, Noviana ‘88, Lisna ’85, Zaka 2004, Arifin 2005, Ulung ’81 dan Dadan 2007 menyampaikan, Bahwa pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi protokol kesehatan, semua wajib pakai masker, mencuci tangan, memakai sarung tangan dan menjaga jarak, untuk tidak berkerumun dilakukan pembagian waktu pengambilan daging qurban.

“Alumni angkatan 1970-1980 Jam 13.00-13.45, Alumni angkatan 1981-1990 Jam 13.45-14.30, Alumni angkatan 1990-2000 Jam 14.30-15.15, dan Alumni angkatan 2000-2012 Jam 15.15-16.00, untuk menghindari ruang terlalu rapat maka para alumni tidak diperkenankan hadir ke- halaman Gedung SMP Negeri 84 menggunakan/memarkirkan kendaraan dihalaman Gedung SMP Negeri 84, yang mengambil daging qurban hanya diperbolehkan koordinator angkatan atau koordinator dari sekolah saja, kemudian para Koordinator angkatan atau koordinator dari sekolah itulah yang menyampaikan (mendistribusikannya) ke masing masing mustahiq penerimanya” kata Ustad Fahdian Akbar ’94, kepada wartawan, Jakarta Utara, Minggu 02 Agustus 2020.

Alumni SMPN 84 Jakarta berfoto bersama sesaat sebelum melaksanakan pendistribusian daging hewan qurban kepada masyarakat. Foto: Istimewa.

Ketua Umum IKA LINTAS 84 Jakarta dr. Komala Dewi ‘96 yang hadir langsung memberikan support moral didampingi para pengawas dan penasehat H. Andi Yusuf ’74, Naomi ’77, Rimpun RH ’88, Prio MP ’83, Syaiful Bahri ’84, Gandi ‘86, Agustono ’84 menyampaikan, Bahwasannya program Berani(Berbagi Sesama Alumni) adalah salah satu program unggulan dari IKA LINTAS 84 Jakarta di periode tahun ini, khususnya untuk dapat dirasakan dan menyentuh langsung kepada sasaran dalam usaha membantu pemerintah.

Para alumni dan almamater didalam penanganan kebutuhan karena terdampak pademi covid-19, Program Berani ini sudah melaksanakan beberapa kegiatan sosial lainnya dari alumni untuk alumni, untuk almamater dan untuk masyarakat seperti pembagian sembako, masker, paket makan gratis (yang saat ini juga masih terus berlanjut rutin dalam Jumat berbagi), Santunan Yatim Piatu dan Dhuafa.

“Mengunjungi dan membantu santunan kedukaan (sakit maupun meninggal dunia) dan lain sebagainya sesuai dengan program dan kemampuan organisasi dan alhamdulillah saat ini dalam merayakan Idul Adha 1441 H dengan qurban 3 Ekor Sapi hasil urunan, para pengqurban dari alumni dan keluarga alumni, kami IKA LINTAS 84 Jakarta berusaha seoptimal mungkin keberadaannya dapat dirasakan dan diikuti oleh seluruh alumni dan keluarga besar alumni SMP Negeri 84 Jakarta untuk terus bergerak, bersilaturahmi dan bermanfaat” terang dr. Komala Dewi.

Ditempat yang sama Kepala Sekolah SMP Negeri 84 Jakarta Saheri yg juga pembina IKA LINTAS 84 Jakarta saat dikonfirmasi mengatakan, Pihak sekolah berterimakasih dan bersyukur atas apa yang alumni lakukan dengan mengadakan pembagian daging hewan qurban yang bertempat di SMPN 84 ini.

Tidak mudah untuk melaksanakan hal ini dimasa pandemi covid-19, tapi IKA LINTAS 84 Jakarta sanggup melaksanakannya, kami bangga dan bersyukur, Semoga Allah SWT meridhoi dan melipat gandakan pahalanya, amiin” ujar Saheri.

Ditambahkan juga dari Wakil Kesiswaan Imamah Sholikhah yang didampingi Agus Yusuf koordinator dari pihak sekolah yang mendampingi Panitia qurban dilapangan secar terangang-terangan mengungkapkan rasa senangnya, nerasa bangga dengan Alumni SMPN 84 Jakarta yang solid dan guyup, meskipun sudah belasan bahkan puluhan tahun berpisah, tapi masih tetap berkomitmen untuk bersatu dalam keluarga besar SMPN 84 Jakarta.

Kegiatan alumni bukanlah semata mata sebagai pelampiasan rindu saja, melainkan bersama sama memikirkan sumbangsih apa yang bisa kita berikan pada bangsa dan masyarakat, kegiatan qurban ini telah membuktikan bahwa alumni masih punya keterkaitan yang kuat dengan keluarga besar SMPN 84 Jakarta dengan menyelenggarakan qurban di SMPN 84 Jakarta dan menyalurkan kepada almamater & keluarga alumni yang berhak. Semoga AAlumni SMPN 84 Jakarta selalu Solid dan mampu memberikan banyak manfaat bagi masyarakat di sekitar” Imbuh Imamah Sholikhah wakil kesiswaan SMPN 84 Jakarta.

Salah satu guru senior Ibu Susni Priyanto yang dikonfirmasi pendapatnya menyampaikan, kami sangat bersyukur bahwa anak-anak kami alumni SMP Negeri 84 Jakarta yang tergabung di IKA LINTAS 84 Jakarta terus meningkatkan aktifitas dan kreatifitasnya, khususnya dibidang Sosial, saya sangat mendukung dan mendoakan agar terus melakukan dan meningkatkan silaturahmi ini.

“Baik sesama alumni maupun kepada kami para guru-guru serta almamaternya, lanjut terus pantang mundur, niatkan semua kegiatan sebagai nilai Ibadah, positif dan penuh kekeluargaan, Insya Allah semuanya akan berjalan baik dan lancar” tandas Susni penuh semanangat.

Konten Bersponsor

Berita lainnya

Irma Indriani Mendukung Keputusan Pergub DKI, Saat Memperingati Kemerdekaan Indonesia dan Tahun Baru Islam

CSR ‘NASIONALRE’ 2020 Hari Jadi ke-26 Kunjungi Yayasan PABU Tangerang Selatan

Doa Harapan Sella, saat Gelaran Pemotongan Hewan Qurban di Yayasan Mandiri Amanah

Irma Indriani: Harapan dan Doa untuk Indonesia saat Haul Bung Karno dan Ultah Presiden Jokowi

DPC Jakarta Timur Sosialisasikan New Normal dan Berikan Bansos ke Masyarakat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar