Laporan Kinerja DPRD Kabupaten Bogor Masa Persidangan II Tahun 2020

DPRD Bogor
Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Bogor. (Foto: Istimewa).

Terkini.id, Bogor – Laporan Kinerja Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Bogor periode bulan Januari sampai dengan bulan April 2020, yaitu sebagai berikut.

1. Pendahuluan

A. Umum

1.Bahwa dengan telah berakhirnya masa persidangan kedua, tahun 2020 yang dimulai dari bulan Januari sampai dengan April 2020, berdasarkan tata tertib DPRD Kabupaten Bogor nomor 1 tahun 2019, pimpinan DPRD mempunyai tugas untuk menyampaikan laporan kinerja pimpinan DPRD Masa Persidangan II tahun 2020.

2. Bahwa sebagai tindak lanjut dari program dan kegiatan DPRD, pimpinan DPRD menindaklanjuti dengan beberapa kebijakan antara lain berupa keputusan DPRD, keputusan pimpinan DPRD dan rekomendasi DPRD.

Baca juga:

B. Dasar Hukum

1. Undang -undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

2. Undang-Undang nomor 17 tahun 2014 tentang majelis permusyawaratan rakyat, dewan perwakilan rakyat, dewan perwakilan daerah, dan dewan perwakilan rakyat daerah.

3. Pemerintah Nomor 24 tahun 2004 tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota DPRD, sebagaimana telah beberapa kali diubah terakhir dengan peraturan pemerintah nomor 21 tahun 2007 tentang perubahan ketiga atas peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2004 tentang kedudukan protokoler dan keuangan pimpinan dan anggota dewan perwakilan rakyat daerah.

4. Pemerintah Daerah Bogor nomor 5 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

5. Peraturan DPRD Kabupaten Bogor Nomor 1 tahun 2019 tentang perubahan atas peraturan DPRD Kabupaten Bogor Nomor 1 Tahun 2018 tentang tata tertib (Berita Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2019 Nomor 56);
6. Peraturan Dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten Bogor Nomor 1 tahun 2017 tentang tata cara beracara Badan Kehormatan DPRD.

II. Maksud dan Tujuan

Untuk menyampaikan laporan kinerja pimpinan DPRD Kabupaten Bogor selama masa persidangan kedua tahun 2020, sebagai realisasi pencapaian dari program dan kegiatan DPRD tahun 2020.

III. Kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPRD Kabupaten Bogor pada Bulan Januari S.D April 2020 Adalah Sebagai Berikut.

Laporan kinerja pimpinan DPRD merupakan rangkaian pelaksanaan fungsi pembentukan perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan yang dilakukan oleh alat kelengkapan DPRD dalam bentuk kegiatan rapat-rapat, kunjungan kerja dan kegiatan lainnya.

Selama masa persidangan kedua tahun 2020 kegiatan yang telah dilaksanakan oleh DPRD kabupaten Bogor adalah sebagai berikut.

Pelaksanaan Fungsi DPRD
Pelaksanaan fungsi DPRD, yaitu pelaksanaan fungsi pembentukan Perda, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan yang meliputi bidang pemerintahan dan hukum, ekonomi dan keuangan, pembangunan dan lingkungan hidup, kesejahteraan rakyat sebagai berikut :

I. Pelaksanaan Fungsu Pembentukan Perda
Fungsi pembentukan perda DPRD diwujudkan dalam membentuk peraturan daerah bersama dengan bupati, pada masa persidangan kedua tahun 2020, DPRD kabupaten Bogor dan Kepala Daerah Kabupaten Bogor telah menetapkan persetujuan bersama sebanyak 3 (tiga) yaitu tentang.

No Judul Raperda Pemrakarsa Pembahas keterangan
1.Persetujuan bersama DPRD Kabupaten Bogor dan Kepala Daerah tentang pembentukan Daerah persiapan Kabupaten Bogor Barat Pemerintah Daerah PANSUS Sudah diparipurnakan.

2 Persetujuan bersama DPRD kabupaten Bogor dan Bupati Bogor terhadap rancangan peraturan daerah kabupaten Bogor tentang Pembangunan Kepemudaan Pemerintah Daerah PANSUS Sedang dalam proses pembahasan.

3. Persetujuan bersama DPRD kabupaten Bogor dan Bupati Bogor terhadap rancangan peraturan daerah kabupaten Bogor tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Pemerintah Daerah PANSUS Sedang dalam proses pembahasan.

II. Pelaksanaan Fungsi Anggaran
Pelaksanaan fungsi anggaran DPRD kabupaten Bogor melalui badan anggaran telah melaksanakan kegiatan yaitu .
1. Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun Anggaran 2019.

III. Pelaksanaan Fungsi Pengawasan

Fungsi Pengawasab DPRD Kabupaten Bogor Diwujudkan Dalam Mengawasi Pelaksanaan Peraturan Daerah Dan APBD

1. Komisi I (membidangi bidang pemerintahan dan hukum, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja.
2. Komisi II (membidangi bidang ekonomi dan keuangan, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja.

3. Komisi III (membidangi bidang pembangunan dan lingkungan hidup, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja.

4. Komisi IV (membidangi bidang kesejahteraan rakyat, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja.

5. Pelaksanaan kegiatan badan kehormatan DPRD kabupaten Bogor, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja.

6. Pelaksanaan kegiatan badan pembentukan peraturan daerah DPRD kabupaten Bogor, telah melaksanakan rapat dan kunjungan kerja.

A.Kegiatan Rapat-Rapat Alat Kelengkapan DPRD :

1. Rapat Paripurna : 4 kali
a. Rapat Paripurna DPRD Kab. Bogor dalam rangka:

1. Penetapan persetujuan bersama Bupati Bogor dan Ketua DPRD tentang pembentukan Daerah persiapan Kabupaten Bogor Barat;
b. Rapat Paripurna DPRD Kab. Bogor dalam rangka penyampaian 2 (dua) Raperda tentang:

1. Pembangunan Kepemudaan;

2. Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor

12 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

c. Rapat Paripurna Internal DPRD Kab. Bogor dalam rangka penyampaian tentang Peninjuan kembali peraturan DPRD Kabupaten Bogor No. 2 Tahun 2014 tentang Kode Etik DPRD.

d. Rapat Paripurna Internal DPRD Kab. Bogor

dalam rangka penyampaian LKPJ Bupati Bogor Tahun Anggaran 2019.

2. Rapat Pimpinan DPRD : 4 kali

3. Rapat Badan Musyawarah : 5 kali

4. Rapat Badan Anggaran : 2 kali

5. Rapat Badan KehormatanDPRD : 3 kali

6. Rapat Badan Pembentukan Peraturab

Daerah : 5 kali

Komentar

Rekomendasi

Reproduksi Corona Masih 1,1, Alasan Anies Perpanjang PSBB Hingga 4 Juni

Pengurus GTKHNK 35+ Karawang Kecam Indra Charismiadji yang Singgung Jutaan Guru

Dukung PSBB, KRL Akan Uji Coba Setop Beroperasi 18 April

PSBB Jakarta Berlaku 10 April, 8 Sektor ini Dikecualikan

Riza Patria Terpilih Wagub Jakarta, Sejumlah PR Menanti

Bumdes Legok Kaler Berikan Bantuan Guna Memutus Penyebaran Covid-19

Gempa 5.0 SR Guncang Sukabumi, Ratusan Bangunan Roboh

33 Tokoh Terima Penghargaan dari Pemkot Bekasi

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar