Ini yang Dikatakan Penyuluh KB, Kehamilan Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Covid-19
Foto: Banyumas.com

Terkini.id, Jakarta – Angka kelahiran diprediksi meningkat sembilan bulan lagi. Hal ini disebabkan kebijakan berkegiatan di rumah saja sebagai uapaya memutus rantai penyebaran Covid-19. Ditambah lagi layanan pemasangan alat KB yang terkendala.

Ketua Ikatan Penyuluh Keluarga Berencana (IPeKB) Sragen, Suwanto menyatakan, tingkat kelahiran diprediksi bakal tinggi sekitar sembilan bulan lagi. Kondisi ini tidak lepas dari anjuran pemerintah untuk membatasi kegiatan di luar rumah.

”Anjuran ini berdampak angka kehamilan semakin meningkat,” ujar Suwanto seperti dikutip dari Timesindonesia, Jakarta, Rabu 29 April.

KampungKb.bkkbn.co.id

Beliau menjelaskan analisa dalam 9-10 bulan ke depan tingkat kelahiran bisa cukup tinggi. Dikatakan, saat ini keikutsertaan prorgam KB turun, tentu angka kelahiran akan naik.

”Kemungkinan bisa 10 persen kenaikan dari normal,” tutur Penyuluh KB wilayah Jenar itu.

Baca juga:

Pihaknya menerangkan saat ini penyuluh KB di Sragen hanya ada 52 orang. Akibat Covid-19 ini juga berdampak pada penyuluh KB. Saat ini kesertaan KB baru mengalami penurunan. Karena pelayanan di Puskesmas dan Klinik saat ini dibatasi.

Suwanto menyebutkan, sebenarnya yang berminat untuk KB masih banyak. Hanya saja layanan dibatasi. Pembatasan pelayanan dalam sehari maksimal 5-10 pelayanan. Penurunan bisa mencapai 45 persen. Sedangkan biasanya Penyuluh KB menggelar safari KB setiap tahun.

Padahal, terang dia, bisa mencapai 800 peserta KB baru. Namun karena Corona ini kegiatan dengan mengumpulkan banyak warga ditiadakan. Imbauan pemerintah tidak boleh melakukan kegiatan dengan banyak orang karena rentan penyebaran Covid-19.

Dijelaskannya, setiap hari para kader di tingkat desa mendata siapa yang akan menikah. Selain juga mendata warga yang akan pasang kontrasepsi.

”Dengan dampak Covid-19 ini kita memberi pembinaan pada warga. Baik yang ingin pasang KB maupun yang ingin menikah. Kita berikan pemahaman tentang 8 fungsi keluarga,” tandasnya.

Komentar

Rekomendasi

DPC Jakbar Gercin Sosialisasikan New Normal dan Bagikan Masker ke Masyarakat

Dandim 0507 Beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXI Adakan Kegiatan di Yayasan Al-Mugni

Komunitas Cool Manfaatkan Tekhnologi Zoom Meeting Untuk Ibadah Raya

DPD DKI Jakarta Gercin, DPC, Anggota Peduli Tetangga dan Masyarakat

Ramadhan Ceria SMAN 40 Dipenuhi Oleh Motivasi Publik Pigur

JPKP: Giat Sosial Sadar Pentingnya Menggunakan Masker

Paket Buka Puasa dan Takjil Ramadhan Ikalibels, Jitera Kreasi dan Ikalintas 84 Jakarta

DPD DKI Jakarta Gercin, Berikan Bansos Kepada Anggota yang Terdampak Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar