Perlukah Khawatir Terhadap Tetangga Terkena Covid-19? Mereka Butuh Cinta
Komentar

Perlukah Khawatir Terhadap Tetangga Terkena Covid-19? Mereka Butuh Cinta

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Kalau tetangga anda positif Covid-19, perlukah khawatir? Tidak. Virus tidak bisa gentayangan dari rumah tetangga ke rumah Anda. Ingat, jarak 1,5 meter saja sudah cukup untuk menjauhkan Anda dari virus.

Virus tidak bisa terbang di udara, Ia berada di udara kalau ada orang terinfeksi yang bersin. Itu pun tidak lama. Partikel-partikel air (lendir) yang mengandung virus tadi akan turun, mengendap di permukaan benda-benda mati, tidak akan menyebar ke rumah Anda. Virus juga tidak bisa berjalan.

Apa yang harus Anda lakukan? Jangan masuk ke rumah tetangga yang positif Covid, tanpa perlindungan yang memadai ‘masker’. Selama Anda tidak masuk, Anda tidak akan tertular.

Perlukah Khawatir Terhadap Tetangga Terkena Covid-19? Mereka Butuh Cinta
(Foto; Najwa Shihab)

“Kalau kita mengusir, mengucilkan, menghakimi, menstigmatisasi korban Corona itu jelas bahaya. Karena siapapun yang merasakan kejalanya akan enggan melapor dan memeriksakan diri. bila mereka enggan melapor karena takut dicemooh, diusir dan dihakimi maka yang rugi kita sendiri, karena virus sulit terdeteksi,” sumber video Najwa Shihab.

Kalau terpaksa masuk untuk memberi bantuan, pakailah masker, ditambah perlindungan lain yang bisa Anda dapatkan. Kemudian setelah selesai segeralah ganti baju, mandi dengan sabun keramas pakai sampo, cuci baju Anda tadi dengan sabun. Sabun akan membunuh virus yang menempel di tubuh Anda.

Tidak ada alasan untuk takut pada tetangga yang tertular Covid19. Berbuatlah sebisa Anda untuk membantu mereka. Apa yang bisa dilakukan untuk membantu? Sediakan makanan. Bersihkan rumahnya dengan sabun atau disinfektan.

Jaga agar jangan ada orang masuk tanpa kepentingan dan tanpa pelindung.Arahkan anggota keluarganya untuk melaksanakan tata cara isolasi pasien agar anggota keluarga lain tidak tertular.

Orang yang tertular virus tidak ingin dirinya tertular. Mereka butuh cinta, perhatian, dan bantuan kita untuk sembuh. Jangan musuhi dan kucilkan mereka.