Dampak Corona, 7 Platform Belajar Online Ini Gratiskan Aksesnya

Quipper
Layanan Quipper School dapat digunakan guru memberikan tugas dan ujian, sekaligus monitor hasil kerja siswa.(foto:dailysocial)

Terkini.id, Jakarta – Beberapa perusahaan teknologi sukarela dukung pendidikan nasional dengan memastikan siswa terdampak wabah virus corona terus belajar.

Siswa di sejumlahdaerah terpaksa diliburkan mencegah penyebaran wabah virus yang telah menginfeksi lebih dari 140 ribu orang di dunia, termasuk Indonesia.

Nadiem Makarim selaku Mendikbud menghargai langkah perusahaan yang menggratiskan platform belajar di akses gratis secara online.

G Suite, sediakan materi pembelajaran gratis bagi guru dan siswa akibat wabah covid-19

Kemendikbud sendiri juga telah memiliki portal Rumah Belajar. Perusahaan teknologi pemilik platform itu adalah Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius

Public PolicyandGovernment Relations Manager Google Indonesia,Danny Ardianto, mengatakan Google Indonesia membantu para siswa dan guru untuk dapat melanjutkan pembelajaran di luar sekolah melaluiG Suite for Education.

Baca juga:

Ini merupakan platform ataualat pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa yang gratis dari Google.

Guru dan siswa dapat menggunakanhangoutsmeet, yaitu alat konferensi video yang tersedia untuk pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran dari rumah.

Hingga 1 Juli 2020, Google menyediakan fiturhangoutsmeet paling lengkap dan gratis yang meliputi kemampuanlive streaminghingga 100 ribu penonton di suatu domain dan pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas.

“MelaluiG Suite for Education, siswa dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan di manapun mereka berada,” ujar Danny.

Fernando Uffie,pendiri Kelas Pintar menyatakan mendukung dengan menggratiskansolusi belajar daring dari Kelas Pintar selama satu bulan ke depan.

“Agar proses belajar siswa tetap berlanjut, kapan dan dari manapun,” ucap uffie.

Sementara Pimpinan Edukasi PT Microsoft Indonesia, Benny Kusuma, menyediakan akses Office 365 untuk pendidikan. Untuk memanfaatkan fasilitas ini, sekolah hanya perlu menyediakan domain institusi sebagai identitas digital guru dan murid.

Dengan fasilitas Teams di Office 365, Bennymenjelaskan, proses belajar mengajar tetap dapat berlangsung secara digital.

“Guru dapat mengirimkan materi belajar berbasis teks, suara maupun video melalui teams class kepada muridnya. Demikian juga murid bisa berdiskusi dengan guru dan murid yang lain di dalam teams class tersebut,”ucapnya.

Sedangkan Content Associate Manager Quipper, Hanani Faiza, mengatakan jika guru dan sekolah juga dapat menggunakan layanan Quipper School guna memberikan tugas dan ujian, sekaligus monitor hasil kerja siswa.

Hal ini termasuk juga fasilitas video, modul, dan kumpulan soal ujian nasional (UN) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK) juga seleksi masuk mandiri perguruan tinggi negeri (SBMPTN) untuk guru SMP dan SMA di Indonesia.

“Pelayanan ini dikhususkan untuk sekolah yang terkena dampak Covid-19 , “kata Hanani.

Selain itu, Ruangguru juga mengumumkan pembukaan Sekolah Online Ruangguru Gratis. Melalui program ini, siswa dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh secara daring (live teaching) setiap hari Senin sampai Jumat, layaknya sekolah seperti biasanya.

Dimulai dari Senin, 16 Maret 2020 lalu, hingga waktu yang belum ditetapkan, siswa dapat mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru gratis dari pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Tersedia 15 kanal live teaching mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional mulai kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu oleh Master Teachers Ruangguru.

Begitu pula Sekolahmu yang telah menyelenggarakan pembelajaran kelas maupun karier dan berkolaborasi bersama ratusan sekolah dan organisasi. Pembelajaran daring yang disediakan ini ditujukan untuk seluruh murid, guru, bahkan orang tua.

Berikut ini alamat laman untuk bisa mengakses setiap platform tersebut,

Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id, Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19/, Kelas Pintar: https://kelaspintar.id, Microsoft Office 365: https://microsoft.com/id-id/education/products/office, Quipper School: https://quipper.com/id/school/teachers/, Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e dan Zenius:https://zenius.net/belajar-mandiri

Komentar

Rekomendasi

Begini Cara Gunakan Aplikasi Cisco Webex Saat Karantina

Bantu Yatim Duafa Terdampak Covid-19, RPK Bagikan Paket Sembako

RPK Bagikan 1000 Tumbler Gratis dan Penyuluhan Kesehatan

Begini Cara Nabi Saat Hadapi Wabah Penyakit

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar