Begini Cara Nabi Saat Hadapi Wabah Penyakit

Penyakit Kusta
Wabah penyakit sudah ada sejak dulu, Nabi berpesan agar menjauhi orang yang sedang sakit tersebut.

Terkini.id, Jakarta – Wabah Virus Corona (Covid 19) datang seperti hantu menakutkan sebab  telah menewaskan sampai lebih dari 100 orang di belahan dunia. Kondisi seperti ini dulu ternyata sama kejadiannya dengan wabah penyakit di zaman Nabi.

Bersumber dari laman resmi Jam’iyyah Ahlith Thariqah Al Mu’tabarah An Nahdliyyah (Jatman), kala itu masyarakat di jaman Nabi menghadapi penyakit kusta.

Menyikapi hal tersebut, Nabi Muhammad telah punya prosedur tetap (protap) atau Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk menghadapi wabah penyakit yang terjadi.

Seperti saat Ia memerintahkan agar sahabat dan penduduk ketika itu tidak dekat-dekat atau melihat orang yang mengalami wabah kusta.

Nabi Muhammad SAW berkata: “Jangan kamu terus menerus melihat orang yang mengidap penyakit kusta.” (HR Bukhori).

Rasulullah juga mengingatkan agar kaum muuslim tidak mendekati wilayah yang terkena wabah penyakit atau jikapun telah terlanjur terjebak di dalam wilayah itu, dianjurkan untuk tidak pergi ke mana-mana.

“Jika kamu mendengar wabah di suatu tempat, janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka janganlah kamu tinggalkan tempat itu.” (HR Bukhari).

Selain SOP, Rasulullah juga menganjurkan umatnya agar menghadapi situasi dengan bersabar dan meminta pertolongan Allah SWT.

Untuk melengkapi ikhtiar, kaum muslim sebaiknya memanjatkan doa berikut ini: “Allahumma inni a’udhu bika minal-barasi, wal- jununi, wal-judhami, wa min sayyi’il-asqami.”

Ya Allah, aku mencari perlindungan kepada-Mu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit jahat. (HR Abu Daud).

Komentar

Rekomendasi

Dampak Corona, 7 Platform Belajar Online Ini Gratiskan Aksesnya

RPK Bagikan 1000 Tumbler Gratis dan Penyuluhan Kesehatan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar