12 Hektar Lahan Gambut dan Semak Belukar Terbakar di Riau

Kebakaran lahan di Riau

Terkini.id, Jakarta – Kebakaran lahan di Indonesia masih saja terjadi. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan, kebakaran lahan dan semak belukar kembali terjadi di Provinsi Riau Jumat 17 Januari 2020 kemarin.

Melalui keterangan pers yang diterima redaksi terkini.id, BNPB menyebutkan lahan yanng terbakar kurang lebih 12 hektare masing-masing lahan gambut dan semak belukar di Kelurahan Sekip Hilir, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu.

Agus Wibowo selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB mengatakan jauhnya lokasi dan sulitnya akses jalan dengan roda dua dan roda empat sempat menyulitkan petugas untuk memadamkan api.

“Satgas gabungan harus menempuhnya dengan berjalan kaki dan harus mengunakan perahu speed boad dan pompong,” kata Agus.

Menurut Agus, pemadaman dan pendinginan bersama di hari ketujuh dilakukan 49 petugas gabungan.

Tim darat terdiri dari satgas KPBD inhu 15 personil, Kodim Inhu 10 personil, Polres Inhu 20 personil, MPA 2 personel dan masyarakat 2 personil.

“Di lokasi kebakaran tim dibagi menjadi dua. Tim Polres Inhu pendinginan di sebalah selatan, dan Satgas PB KPBD, Kodim Inhu, memblokir dan pendinginan di sebelah utara,” bebernya.

Dia juga menyebutkan sarana dan prasarana yang digunakan untuk memadamkan adalah 1 mobil angkut, 1 unit mobil Komando, 1 unit pompong, 1 speed boad fiber Portelin, motor 4 unit, mesin ministereker 4 unit lengkap, mesin portabel sibahura 1 unit lengkap, 1 unit mesin apung dan mini steker milik polres dan 1 unit mesin Robin milik masyarakat.

Berita Terkait
Komentar
Terkini